Gerakan Nasional 1000 Startup Digital - Review Ignition 1 Kota Pontianak



Beberapa dari teman-teman Jurusan Sistem Komputer yang Mengikuti Ignition 1 Pontianak

Haiii.....😊
Perkenalkan namaku Yakobus Dapi, salah satu peserta ignition 1 Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Kota Pontianak. (Pasti penasaran yang mana diriku ya? Posisiku yang di tengah, paling depan yang angkat jempol, pokoknya paling kecil di situ). Nah sesuai dengan judulnya, tulisan ini adalah review dari kegiatan yang aku ikuti dan juga merupakan tugas wajib untuk menuju tahap-tahap berikutnya.

Penasaran dengan reviewnya....????

Berikut ini review saya dari kegiatan ignition 1 Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Kota Pontianak:
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital hadir di Kota Pontianak pada hari Minggu, 19 Maret 2017. Tahap pertama dari gerakan ini adalah Ignition yang diselenggarakan di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalimantan Barat. Pada tahap ignition, saya banyak mendapatkan motivasi dan inspirasi dari pembicara dan pemateri yang hadir. Seperti yang dikatakan oleh bang Yansen Kamto CEO dari KIBAR, tahap ignition adalah sebuah seminar yang bertujuan untuk membentuk pola pikir entrepreneurship peserta. Tahap ignition ini berjalan dengan 4 sesi panel diskusi dan 3 presentasi materi yang dipaparkan oleh pembicara dan pemateri yang luarbiasa, diantaranya ada Lis Sutjiati yang merupakan Staf Khusus Kominfo, Muhammad Hafiz Waliyud CEO Angkuts, Prasetyo Andy Wicaksono Head of IT Development Jakarta Smart City, dan juga hadir Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara.
Para calon founders startup ditekankan bahwa membangun sebuah startup tidak sekedar mengejar financial saja. Pada tahap ignition ini, calon founder startup mendapat pemahaman bagaimana menemukan ide dan mengeksekusinya. Ide startup yang sangat luar biasa tidak akan ada artinya jika tidak di eksekusi. Sesi panel dan diskusi membuka pemahaman kita bagaimana melihat masalah menjadi sebuah peluang, serta membangun ide startup menjadi bisnis dari masalah tersebut. Pada sesi panel diskusi pertama dijelaskan bahwa bagaimana kita membangun sebuah startup yang dapat menyelesaikan masalah, berawal dari permasalahan di sekitar kita yang belum ada solusinya. Selanjutnya, pada panel kedua lebih difokuskan pada bagimana pemanfaatan dunia digital menjadi sebuah ekosistem bisnis, membaca masalah menjadi sebuah peluang. Pada Panel ketiga dijelaskan bahwa bagimana kita membangun sebuah startup yang kreatif dengan solusi dan bisnis model yang kreatif pula. Pada sesi panel terakhir, difokuskan pada menyelesaikan problem lokal yang bisa berdampak luas dan bersaing secara nasional bahkan global. Startup adalah solusi untuk membantu menyelesaikan permasalahan dilingkungan sekitar kita. 

Apa saja tahapan dari Gerakan ini....????
  1. IGNITION: Penanaman pola pikir entrepreneurship.
  2. WORKSHOP : Pembekalan keahlian dasar yang dibutuhkan dalam membuat startup digital.
  3. HACKSPRINT : Pembentukan tim yang saling melengkapi skill untuk membuat prototype produk. 
  4. BOOTCAMP : Pembinaan mendalam bersama mentor untuk menyiapkan peluncuran produk.
  5. INCUBATION : Pembinaan lanjutan sampai akhirnya siap jadi bagian dari ekosistem startup digital.
Visi dari gerakan nasional 1000 startup digital adalah Indonesia akan menjadi bangsa dengan digital economy terbesar di Asia pada 2020 mendatang. Mendengar visi tersebut, hati saya tergerak untuk ikut serta membangun Indonesia, membangun sebuah startup yang dapat bermanfaat untuk masyarakat luas khususnya Indonesia. Tahap ignition membuka mindset peserta yang hadir, membuka jalan bagi calon founder startup untuk menemukan solusi dari setiap permasalahan yang outputnya dapat bermanfaat untuk masyarakat luas, ignition membangun semangat dan inspirasi peserta untuk  ikut bergerak maju mewujudkan Indonesia Raya yang satu.

Harapan terbesar aku pada gerakan ini adalah saya dapat mengikuti semua tahapan yang ada hingga selesai dan tercipta sebuah startup yang dapat bermanfaat untuk masyarakat, lingkungan sekitarku dan bahkan bermanfaat untuk Indonesia Raya.

No comments:

Post a Comment